Pentingnya Adab Berpakaian Dalam Islam

Adab berpakaian dalam islam itu penting dilakukan. Sebab islam selalu mengatur kehidupan manusia di dunia sampai di akhirat dengan selalu mengutamakan kebaikan, terutama masalah berpakaian. Islam telah mengatur cara pakaian yang baik dan benar. Maka sebagai umat islam yang baik, maka perlu untuk menjalankannya. Sebab itu merupakan syariat dan rugi apabila tidak menjalankannnya. Banyak keuntungan dibalik dari yang sudah ditetapkan dalam islam untuk menjalani kehidupan yang lebih berkah dan bermanfaat. Untuk berpakaian menurut pandangan islam itu bisa memakai pakaian sesaui turan islam dan selalu menutup auratnya baik laki-laki maupun perempuan. Banyak dalil tentang berpakaian yang sudah dijelaskan di al quran yang memerintahkan untuk selalu menjaga kemaluan, pandangan dan aurat kepada pandangan manusia. Ada juga memerinthakan tentang menutup aurat dari masa kecil dan tidak mengikuti trend masa kini yang tidak masuk akal sama sekali.

plusgoogle.com

Aturan Adab Berpakaian Dalam Islam

 

Di bawah ini ada beberapa aturan adab berpakaian dalam islam yang harus diketahui dan dipahami oleh semua umat islam, antara lain:

Untuk laki-laki:

  • Selalu memakai pakaian yang bisa menutupi tubuh, khususnya mulat dari pusar sampai kaki yang merupakan auratnya.
  • Jangan berpakaian ketat
  • Tidak memakai perhiasan dan dianjurkan menggunakan parfum. Sebab perhiasan pria itu dari non wujud yang dimilikinya.
  • Tidak memakai pakaian yang mencolok.
  • Selalu berpakaian yang enak dilihat, bersih dan tampilannya sewajaranya serta sopan.

Untuk perempuan:

  • Memakai pakaian yang menutupi seluruh tubuh, kecuali telapak tangan dan muka.
  • Menutupi bagian dada dan memakai jilbab yang panjang.
  • Tidak menggunakan pakaian ketat yang transparan dan tidak senonoh.
  • Sebaiknya jangan memakai parfum, disarankan memakai perhiasan dan pakaian yang tidak berlebihan.
  • Berpakaian rapi dan sewajarnya.
  • Ketika berjilbab maka perlu mengikat rambut dengan tidak menonjol dan terlihat rambutnya saat berjilbab. Ini penting dilakukan.

Adab Berpakaian Dalam Islam Yang Benar

Dengan menerapkan adab berpakaian dalam islam yang benar bisa dijadikan salah menjaga kesehatan. Sebab dengan berpakaian bisa menutupi kulit dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, bagi wanita yang menggunakan jilbab juga merupakan bentuk olahraga yang dilakukan setiap hari. Sebab pembakaran dalam bagian wajah akan terjadi selama nanti memakai jilbab. Hal ini cocok untuk wanita terutama yang tidak suka berolahraga dan ingin melakukan sistem diet. Itu bisa dijadikan cara yang mudah. Dengan memakai pakaian yang syari maka banyak manfaat yang didapatkan dari sana. Untuk berpakaian dalam islam sendiri sudah diatur untuk selalu menutup aurat. Karena sebagai umat islam selalu menjaga kehormatan dan menegakkan kebenaran. Banyak keuntungan manfaat yang terkandung di dalamnya. Dengan membiasakan dengan menutup aurat maka dipastikan terhindar hal hal yang negatif dan selalu meningkatkan keimanan kepada yang maha kuasa. Segera untuk menerapkan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Awali dengan niat yang kukuh lalu menjalankan secara perlahan dengan proses yang pasti dan bisa mengubah jalan hidup menjadi lebih baik. Salah satu upaya untuk menjaga aurat nantinya adalah dengan mengenakan busana muslim syari yang sudah menjadi ciri khas dari kalangan umat islam terutama para wanita yang wajib hukumnya menjaga martabat dan kehormatan dari dirinya. Dengan mengenakan pakaian yang pas dan sopan, pasti kecantikan baik dari dalam dan luar akan selalu terjaga.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *