Tahap Tahap Pencegahan Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menyembuhkan Batuk Pilek Pada Anak

Apa sajakah tahap-tahap pencegahan yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan batuk pilek pada anak? Batuk dan pilek sudah menjadi pasangan yang serasi dan melengkapi satu sama lain. Gangguan pada tubuh yang satu ini selalu dialami oleh manusia semasa hidupnya. Batuk dan pilek disebabkan oleh cuaca yang berubah-ubah dilengkapi dengan rutinitas yang padat serta pola hidup yang tidak sehat. Memang semua penyakit yang bersarang di tubuh manusia umunya dipengaruhi oleh perilaku hidup tidak sehat, apa saja itu? Misalnya adalah makan tidak teratur, makan makanan yang tidak mengandung gizi seimbang atau lebih cenderung makan makanan yang cepat saji seperti yang dilakukan oleh orang-orang di zaman ini. Kurang melakukan aktivitas juga akan menyebabkan penumpukan lemak jahat di dalam tubuh sehingga akan memproduksi banyak racun. Selain itu, tidak pernah berolahraga juga menjadi pengaruh yang sangat buruk bagi tubuh kita. Sakit batuk dan pilek tidak hanya dialami oleh orabg dewasa saja, setiap fase pertumbuhan dan perkembangan pada anak selalu diiringi dengan gangguan tubuh seperti ini, tidak jarang anak anda akan terkena demam tinggi.

Apakah Demam Juga Merupakan Fase Sebelum Terjadi Batuk Pilek Pada Anak?

Apakah demam juga merupakan fase sebelum terjadi batuk pilek pada anak? Demam merupakan gejala yang terjadi akibat sistem imun tubuh yang sedang mencegah virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Demam adalah reaksi yang dihasilkan oleh tubuh secara teratur setiap kali penyakit akan datang menghampiri tubuh. Jika anak anda mengalami demam, maka jangan terlalu cemas setidaknya pertolongan pertama sangat dibutuhkan yaitu dengan memberikan kompres dan obat penurun panas khusus anak-anak. Jika dalam beberapa menit atau jam kemudian tidak ada penurunan suhu maka barulah anda bisa membawa anak anda ke dokter atau rumah sakit terdekat. Batuk dan pilek memang selalu menyerang kita, tetapi apakah tidsm berbahaya jika terlalu sering mengalami pilek? Pilek bahkan menjadi salah satu indikasi penyakit atau alergi, biasanya orang yang alergi terhadap bulu hewan atau alergi terhadap debu bisa memberikan efek bersin-bersin dan keluar ingus dari hidung. Namun bukan pilek ini yang dimaksud, pilek adalah keluarnya ingus dari dalam hidung disertai dengan kepala pusing dan batuk-batuk. Ini adalah rangkaian dari sakit flu.

Inilah Tips Untuk Mengobati Batuk Pilek Pada Anak

Inilah tips yang bisa anda gunakan untuk mengobati batuk pilek pada anak

  1. Batuk pilek akan terjadi selama satu minggu sampai dengan satu bulan. Maksimal terjadi satu bulan, apabila lebih dari waktu tersebut maka anda wajib memeriksakan anak anda ke dokter anak atau rumah sakit.
  2. Jika anak mulai terkena gejala batuk pilek yaitu badan lemah, tidak aktif, susah makan dan demam maka anda bisa membuat ramuan herbal sendiri.
  3. Jahe yang diseduh dengan air dan gula akan menghangatkan tubuh serta mengurangi pusing akibat demam, rasa jahe yang pedas dijamin akan menghilangkan rasa gatal-gatal di tenggorokan.
  4. Selain itu, jangan sampai anak kehujanan atau main hujan-hujanan karena itu akan menyebabkan gejala batuk pilek semakin lama sembuhnya.
  5. Usahakan memberikan makanan yang hangat dan susu jahe setiap hari selama gejala flu berlangsung. Paksa anak untuk makan dengan membelikan lauk yang disukai atau dengan membujuknya.
  6. Berikanlah waktu istirahat yang cukup agar pusing dan demam pada anak cepat hilang. Pemberian obat batuk herbal untuk anak seperti ini sangat efektif dan tidak akan menimbulkan efek samping seperti pada penggunaan obat kimia yang banyak beredar di pasaran.

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *