Belajar Cara Membuat Tas Kulit Imitasi

Sebenarnya jika ingin memiliki tas yang unik, anda tidak harus beli. Anda bisa belajar untuk membuat tas dengan desain anda sendiri. Anda bisa mencoba belajar cara membuat tas dari internet, ada banyak teknik atau cara membuat tas sendiri yang bisa anda praktekkan dirumah. Bila kita mau mencoba, sebenarnya membuat tas kulit sendiri tidaklah sulit. Alat yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Bila kulit yang asli harganya mahal, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kulit imitasi. Tas kulit dikenal memiliki kualitas yang lebih kuat dibandingkan dengan dengan tas dengan bahan lain. Bila anda tidak suka tas yang berbahan kulit, anda bisa juga menggunakan bahan lain yang lebih mudah ditemukan di pasaran, misalnya kain perca yang mudah dicari.

Cara Membuat Tas Kulit Imitasi

Kulit asli harganya mahal, jadi bila anda ingin belajar cara membuat tas lebih baik gunakan bahan yang biasa saja, misalnya kulit imitasi. Untuk membuat tas dari kulit imitasi anda tidak perlu menggunakan mesin jahit. Bila anda memiliki mesih jahit dan bisa mengoperasikannya, anda bisa menggunakan mesih jahit. Berikut langkah-langkah membuat tas dari kulit Imitasi :

  1. Menyiapkan bahan dan alatnya

Bahan dan alat-latnya yaitu :

  1. Jarum jahit khusus untuk kulit
  2. Mesin jahit kalau ada
  3. Sepatu teflon
  4. Kapur jahit dan juga penggaris
  5. Kulit imitasi
  6. Gunting
  7. Kain perca atau kain flanel
  8. Langkah pembuatannya :
  9. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggabungkan 2-3 lembar kulit imitasi agar lebih bervariasi.
  10. Anda bisa potong sesuai dengan ukuran tas yang ingin anda buat. Anda juga bisa menambahkan kantong atau hiasan lain untuk mempercantiknya.
  11. Nah, kain flanel tadi bisa anda gunakan untuk bagian isi. Bisa anda tanbahkan kantong di dalam ataupun variasi lain.
  12. Jahit bagian tepinya, sampai semua bagiannya dijahit. Setelah itu anda bisa buat bagian talinya. Panjang talinya bisa anda buat sesuai selera.
  13. Tas kulit anda sudah jadi, dan siap untu anda pakai.

Tips Tambahan Cara Membuat Tas Kulit Imitasi

            Jika anda tidak memiliki mesin jahit, tips berikut dapat anda ikuti untuk belajar cara membuat tas kulit imitasi :

  1. Bila tidak ada mesih jahit anda dapat ,menjahit kulitnya dengan bantuan sepatu teflon atau walking foot sebagai penggantinya.
  2. Setelah itu anda bisa gunakan jarum khusus yang tadi sudah disiapkan. Anda bisa menggunakan jarum yang digunakan untuk menjahit jeans.
  3. Pastikan dulu settingannya benangnya pas agar saat menjahit nanti anda tidak kesulitan.

Nah, itu tadi adalah langkah-langkah serta tips dalam membuat tas untuk anda yang baru pemula atau sedang belajar. Jika membuat tas menggunakan kulit imitasi masih dirasa sulit, anda bisa coba menggunakan bahan yang lebih mudah dijahit misalnya kain perca atau kain flanel. Bila anda sudah bisa menjahit menggunakan mesin jahit, maka proses di atas akan jadi sangat mudah. tapi bila anda belum bisa menjahit menggunakan mesin, sebaiknya anda gunakan cara manual saja. Jadi disamping belajar membuat tas anda bisa belajar menjahit juga. Bila anda sudah menguasai tekniknya, anda juga bisa membuat barang lain dan membuka usaha Jual souvenir kulit. Sekarang ini hal-hal yang unik dan handmade sedang diminati terlebih oleh turis.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *