Inilah Cara Menghafal Alquran dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Seperti yang diketahui bahwa ganjaran yang akan didapatkan oleh umat muslim yang bisa menghafal Al-Qur’an sangatlah besar. Tidak mengherankan jika banyak orang yang penasaran tentang bagaimana cara menghafal alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa. Untuk bisa menguasai atau pintar pada suatu hal, maka Anda harus menghafal. Tapi pada kenyataannya, setiap orang memiliki kapasitas mengingat yang berbeda-beda. Sehingga ada yang bisa dengan mudah menghapal setiap ayat yang diucapkan. Dan adapula yang membutuhkan pengulangan beberapa kali agar ayat dalam Al-Qur’an bisa dihapal dan dihayati. Hal penting yang harus Anda siapkan sebelum menghafal Al-Wur’an adalah memperbaiki niat. Niat adalah hal penting yang akan menjadi dasar Anda melakukan sesuatu, termasuk menghafal Al-Qur’an. Niatkan bahwa Anda menghapalnya untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Tidak ada maksud lain, apalagi untuk mendapatkan perhatian atau pujian dari manusia lainnya. Karena niat yang buruk hanya akan membuat Anda semakin sulit menghapalkan Al-Qur’an. Selain itu, Anda juga harus memiliki tekad yang kuat. Karena menghapal Al-Qur’an membutuhkan waktu yang cukup lama dan intensif. Tidak bisa Anda setengah-setengah untuk mewujudkannya. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghapal Al-Qur’an.

Ikuti Cara Menghafal Alquran dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa

1.     Mempersiapkan segala sesuatunya

Cara menghafal alquran dengan cepat dan tidak mudah lupayang pertama adalah mempersiapkan segala sesuatunya. Cobalah Anda tentukan terlebih dahulu metode penghapalan bagaimana yang akan diterapkan. Karena masing-masing orang pasti memiliki metode pembelajaran dan cara menghafal yang berbeda-beda. Ada yang bisa menghapal hanya dengan membaca, dan adapula yang harus didengarkan atau ditulis terlebih dahulu. Selain itu, siapkan pula tempat terbaik yang menurut Anda lingkungannya mendukung untuk proses pembelajaran.

2.     Menghafal dengan memanfaatkan speaker atau sticky notes

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan speaker murottal. Dengan mendengar alunan ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan speaker setiap waktunyam, maka bukan tidak mungkin jika Anda bisa menghapal tanpa harus membacanya berulang-ulang. Selain itu, Anda juga bisa menuliskan hafalan pada lembar-lembar sticky note. Buatlah catatan kecil di sticky note dengan warna yang berbeda-beda agar Anda bisa lebih mudah mempelajarinya. Ada beberapa orang yang harus menulis dulu baru bisa menghapal. Oleh sebab itulah kenapa Anda harus menyiapkan peralatan terlebih dahulu sebelum menghapal.

3.     Pikiran segar

Tips agar Anda bisa cara menghafal Al-Qur’an dengan cepat selanjutnya adalah dengan menyegarkan pikiran terlebih dahulu. Pikiran yang segar pastinya bisa menangkap informasi jauh lebih cepat dan baik dibandingkan dengan pikiran yang lelah atautidak berkonsentrasi.

dorong dan mengeluarkan semua kekuatan otakmu.

  1. Minta bantuan orang lain

Agar proses penghapalan Al-Qur’an Anda lebih cepat, maka Anda bisa meminta bantuan orang lain. Misalnya saja dengan meminta saudara atau teman untuk mengoreksi dan mendengarkan hapalan Anda.

  1. Jangan lupa beristirahat

Banyak orang penghapal Al-Qur’an menyarankan untuk mengistirahatkan otak ketika setelah menghapal. Karena istirahat ini akan mempengaruhi kemampuan memori otak untuk menyimpan hapalan-hapalan ayat yang sudah Anda pelajari./

 

Cara Menghafal Alquran dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa dengan Istiqomah

Agar hapalan Anda berhasil, tentu saja istiqomah adalah hal yang harus dilakukan. Memang, Istiqomah adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Tapi selama Anda memiliki niat yang baik karena Allah SWT, maka menghapal Al-Qur’an bukanlah menjadi hal yang sulit untuk dicapai. Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, agar Cara menghafal alquran dengan cepat dan tidak mudah lupayang dilakukan bisa berhasil.

 

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *