Cara Menulis Artikel yang Berkualitas dan Dibaca

Menulis sekarang bukanlah sekedar hobi, namun bisa menjadi sumber penghasilan. Banyak orang yang menjadikan menulis sebagai mata pencaharian mereka. Ada yang menulis di blog, koran, majalah, dan lain-lain. Upah yang dihasilkan dari menulis tidak boleh diremehkan. Orang yang suka menulis dan tulisannya berkualitas, uang yang dihasilkan tentunya tidak sedikit. Misalnya, satu artikel atau satu tulisan yang dimuat di sebuah media, minimal dihargai ratusan ribu rupiah. Itu hanya untuk satu tulisan saja. Bagaimana jika tulisan-tulisan anda dimuat di berbagai media? Cukup menggiurkan bukan hasilnya? Oleh karena itu, sekarang ini banyak orang yang mulai belajar menulis. Menjadi penulis bukanlah profesi yang dipandang sebelah mata lagi. Menjadi penulis adalah profesi yang membanggakan dengan hasil yang dibanggakan pula. Untuk menjadi penulis yang berkualitas, anda harus tahu cara menulis artikel terlebih dahulu. Berikut ini tipsnya.

Cara Menulis Artikel Agar Runtut dan Enak Dibaca

Tidak ada yang instant di dunia. Hal itu berlaku juga untuk menjadi penulis yang berkualitas. Jika anda ingin menjadi penulis, hal yang harus anda lakukan adalah sering berlatih. Bagaimana caranya? Tentunya anda harus sering menulis. Banyak penulis pemula yang tulisannya kurang enak dibaca, entah itu pilihan kata yang kurang bervariasi, transisi dari satu topik ke yang lain terlalu kasar, atau tulisannya tidak runtut. Agar tulisan anda berkualitas, anda harus sering melatih cara menulis. Beberapa cara menulis artikelyang bisa dilakukan adalah membuat skema tema apa yang akan anda tulis. Jika sudah mendapatkan tema, tentukan terdiri dari berapa paragraf tulisan anda. Setelah itu buat rancangan, di paragraf satu anda akan membahas apa, selanjutnya di paragraf dua, tiga dan seterusnya. Setiap tulisan pasti terdiri dari judul, pembuka, isi, dan penutup. Kerangka tersebut adalah kerangka dasar setiap tulisan. Jika anda sudah terbiasa membuat judul, pembuka, isi, dan penutup yang berurutan, maka anda akan mudah menuangkan pikiran dalam bentuk kalimat. Dengan melakukannya setiap hari, tulisan anda akan terus membaik dan enak dibaca.

Cara Menulis Artike yang Benar dengan Mengetik Seputuh Jari

Cara menulis artikel yang benar adalah memperbaiki teknik, salah satunya belajar mengetik dengan benar. Tidak perlu ikut kursus, anda bisa mencari cara mengetik sepuluh jari di internet. Jika kurang suka, tersedia juga games yang bisa membantu anda mengetik sepuluh jari. Dengan menguasai metode ini, kecepatan dan kemampuan mengetik akan meningkat pesat sehingga membuat satu tulisan tidak memakan waktu terlalu lama. Hal lain yang bisa anda lakukan agar tulisan tetap segar dan tidak monoton adalah banyak membaca. Carilah sumber referensi atau baca artikel yang bisa anda temukan. Dengan banyak membaca, anda bisa tahu artikel seperti apa yang berkualitas. Anda juga bisa intropeksi tulisan sendiri. Seperti bagian mana yang kurang, apa yang kurang enak dibaca, sebelah mana yang transisinya kurang halus, dan lain-lain. Mengetahui kekurangan pada tulisan sendiri adalah cara ampuh untuk memperbaikinya. Terakhir, selalu biasakan menulis dengan perasaan senang karena orang yang membaca juga akan merasakannya. Masih banyak sekali jasa penulis artikel yang membutuhkan tenaga kerja anda. Dari bekerja pada sebuah jasa penulisan, anda akan menjadikan menulis menjadi bagian dari keseharian anda. Dengan begitu, rutinitas bukan lagi terasa sebagai tekanan, namun kebutuhan. Jangan lupa menulis setiap hari dan selalu memperbaiki diri. Semoga berhasil!

 

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *