Mengenal Gula Darah dalam Tubuh

Setiap tubuh manusia pasti terkandung kadar gula darah yang bersumber dari makanan yang dikonsumsi. Gula darah ini dihasilkan dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serta lemak. Gula darah menjadi bahan bakar bagi tubuh agar mampu mengoptimalkan kinerja dari otak, sistem syaraf, serta berbagai jaringan tubuh yang lain. Pada umumnya kadar gula darah normal adalah sebagai berikut:

  • 8 jam sebelum makan dan setelah bangun pagi akan menunjukkan gula darah pada angka 70 – 110 mg / dl.
  • 2 jam setelah makan akan menunjukkan gula darah pada angka 100 – 150 mg / dl.
  • Apabila waktunya acak maka akan menunjukkan gula darah pada angka 70 – 125 mg / dl.

Pada tubuh manusia ada beberapa kemungkinan mengenai tinggi rendahnya gula darah dalam tubuh. Kadar gula darah tinggi atau yang disebut dengan istilah hiperglikemia dan kadar gula darah yang rendah disebut dengan hipoglikemia, keduanya tidak baik bagi kesehatan, hal ini dikarenakan keduanya tidak berada di batas normal. Apabila hal ini terjadi maka organ – organ dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan normal dan optimal.

 

Manfaat Gula Darah dalam Tubuh

Gula darah dalam tubuh manusia memiliki fungsi utama untuk menghasilkan tenaga bagi tubuh. Gula ini akan diubah menjadi energi di dalam tubuh. Maka dari itu keberadaan gula dalam tubuh manusia sangatlah penting. Namun ketika dalam tubuh terdapat kadar yang terlalu banyak gula atau bahkan kurang, maka akan membahayakan bagi tubuh. Kondisi gula darah yang di atas batas normal ini disebut dengan penyakit diabetes. Pada penderita diabetes, gula darah ini menjadi tinggi karena gula dalam tubuh tidak bisa diolah dengan baik. Hal ini disebabkan karena adanya masalah pada insulin yang menyebabkan gula tetap berada di dalam darah dan tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Apabila hal ini terjadi, maka mengakibatkan tubuh merasa lemas karena gula dalam tubuh tidak bisa diubah menjadi energi bagi tubuh. Jika Anda mengalami hal yang demikian, maka Anda perlu untuk mendapatkan penanganan secara khusus agar Anda bisa segera mendapat obat diabetes melitus dari dokter. Apabila Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat, maka Anda akan bisa mengurangi beragam resiko yang mungkin saja terjadi kepada Anda.

 

Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Agar kadar gula darah dalam tubuh Anda tetap berada di ambang normal, maka Anda perlu untuk melakukan berbagai upaya. Hal ini sangat perlu untuk dilakukan agar Anda selalu dalam kondisi yag sehat. Ketika Anda sehat, maka Anda akan bebas untuk melakukan berbagai aktivitas yang Anda inginkan. Selain itu, alangkah lebih baik jika Anda selalu menjaga kesehatan sebelum Anda terkena penyakit. Namun, apabila Anda sudah terlanjur terkena penyakit, maka Anda harus benar – benar berhati – hati dalam menjaga kondisi tubuh Anda. Apabila Anda memiliki kadar gula darah yang rendah, maka Anda harus menghindari mengonsumsi alkohol, menghindari mengonsumsi kafein, tidak merokok, melakukan olahraga teratur dan tidak terlalu berat, mengonsumsi makanan berserat, makan teratur, serta minum segelas susu secara rutin setiap hari. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, maka Anda harus mengurangi asupan gula harian, menghindari stres berlebihan, memperbanyak olahraga, serta rajin untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah. Rawatlah tubuh Anda sebaik mungkin, jangan melakukan hal – hal yang bisa merusak tubuh dan kesehatan tubuh Anda.

 

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *