Inspirasi Muslimah Indonesia

 

Mudahnya akses ke dunia luar membuat informasi dan berita serta info terkini mudah an cepat menyebar luas. Banyak hal yang dapat menginspirasi seseorang untuk berubah, perubahan tidak hanya terletak pada tingkah laku namun perubahan pada gaya hidup, dan perubahan pada pola pikir. Banyak hal yang dapat menginsipirasi dan dapat dijadikan Inspirasi muslimah. Banyak muslimah di Indonesia yang terinspirasi dengan kisah-kisah sahabat Nabi dan rasul. Inspirasi tidak serta merta datang sendiri, inspirasi seperti hidayah yang harus dijemput, sperti rejeki yang harus dicari. Baginda Rasul sangat menyayangi muslimah hingga ada hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas membahas tentang perempuan Muslim yaitu muslimah. Dimasa Rasulullah hidup wanita berbeda jauh dengan ketika wanita berada pada zaman jahiliyah, pada masa tersebut wanita disiksa dan diperbudak, namun pada zaman Baginda wanita dimuliakan. Wanita zaman itu, zaman Baginda bisa dikatakan lebih beruntung daripada wanita zaman sekarang pada umumnya. Karena pada zaman dulu wanita hidup didalam komuniti yang memang masyarakat menegrti tentang agama dan bisa dikatakan masyarakat yang memiliki agama yng baik.

wontthemoment.co.id

Inspirasi Muslimah Zaman Baginda

Yang dapat menginsipirasi banyak umat adalah Baginda Rasul. Baginda ditemani Istri-istrinya menginspirasi banyak muslimah untuk meniru dan melakukan hal yang baik sesuai dengan hukum dan syariat islam kala itu.

  1. Seorang muslim dan muslimah yangdapat membuat inspirasi muslimah lainnya adalah dengan faham terhadap agamnya, seperti muslimah harus bisa membaca Al-Quran dan tau tentang tajwid dan makhraj hurufnya. Kemudian menjadikan hadis sebagai bahan bacaan hariannya untuk mengetahui apa keinginan Baginda rasul.
  2. Muslimah yang telah berkeluarga kendaklah mengutamakan dalam mendidik anak-anaknya. Seorang muslimah harus mengajari anak-anaknya agama islam dan ketentuan melakuakan berbagai hal menurut agama islam.
  3. Sebagai umat muslim kaum muslim tidak boleh hanya peduli dan beramal dari luaran saja, namun mengupayakan amalan islam terhadap keluarga, sperti suami istri anak-anak dan kerabat terdekat.
  4. Selalu peduli terhadap lingkungan sekitar. Dam mempedulikan serta mengupayakan agar lingkungan sekitar lebih baik dan memiliki  mutif  yang berbeda dari waktu ke waktu menuju kebaikan.

 

Pesan Rasulullah terhadap muslimah dapat menjadi inspirasi muslimah

 

  1. Dunia ini hanyalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah istri sholehah (riwayat Muslim)
  2. Mana-mana perempuan yang keluar rumah memakai wangi-wangian agar tercium oleh para lelaki adalah zina. Dan setiap mata yang memandangnya adalah zina. (riwayat Ahmad, Thabarani dan Hakim)
  3. Wanita itu dinikahi karena 4 perkara, yang pertama karena hartanya, kedua karena keturunannya, ketiga karena paras kecantikannya, yang ke empat adalah karena agamanya, maka carilah yang kuat agamanya niscaya kamu beruntung.
  4. Wanita jika dia melakukan sholat lima waktu, zakat, puasa dibulan suci ramadhan, menjaga kehormatannya, taat pada suaminya, maka masuklah pintu mana-mana disurga yang dikehendaki.
  5. Perempuan yang berhias dan berpakaian bukan untuk suaminya dan muhrimnya adalah wanita yang gelap gulita di hari kiamat kelak tak ada cahaya untuknya.
  6. Apabila seorang wanita lari dari rumah suaminya, tidak diterima sholatnya samapai dia mengulurkan tanggannya pad suaminya.
  7. Wanita yang taat pada suaminya semua burung diudara, ikan di laut, malaikat yang ada di langit, matahari dan bulan semua akan beristiqfar untuknya selama dia taat pada suaminya.
  8. Apabila wanita sedang mengandung janin dalam rahimnya, maka beristiqfarlah para malaikat untuknya, Allah mencatatkan baginya setiap hari seribu kebaikan dan menghapus seribu keburukan.
  9. Jika wanita muslim atau muslimah sedang bersalin, maka Allah catatkan pahala orang yang berjihad baginya.

Semoga inspirasi muslimah dari para sahabat Baginda dapat menginspirasi Anda.

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *