Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Mendukung Efektifitas Kerja

Bagi anda yang tertarik mempelajari bagaimana cara mengelola perusahaan dengan baik, anda tidak boleh melupakan salah satu unsur yang paling penting. Dalam setiap organisasai atau perusahaan, bisa dikatakan manusia salah satu unsur yang sangat menentukan keberhasialn suatu pekerjaan. Untuk menempatkan dan mengelola pegawai atau sumber daya manusia dalam subuah perusahaan juga tidak sembarangan. Salah satu pengembangan dari ilmu manajemen yang dapat anda pelajari adalah manajemen sumber daya manusia. Sesuai namanya, ilmu ini adalah ilmu menejemen umum yang lebih memfokuskan pada unsur manusia atau sumber daya manusia. Dalam sebuah pekerjaan biasa juga disebut menejemen personalia. Meskipun cakupan menejemen sumber daya mausia ini sebenarnya lebih luas dibanding menejemen personalia. Jika menejemen personalia hanya menyangkut sumber daya manusia dalam perusahaan saja, maka manajemen sumber daya ini menyengkut sumber daya manusia yang terikat sebuah pekerrjaan maupun tidak. Baik pekerjaan formal atau pekerjaan sektor non formal. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa negara kita memang banyak mengandalkan sektor non formal dalam menyerap para tenaga kerja. Sehingga akan lebih baik jika sektor non formal ini terus dikembangkan untuk menciptakan manajemen sumber daya manusia yang baik.

humaresourcemanajemen.com

Apa itu Manajemen Sumber Daya Manusia

Sebelu membahas lebih jaum mengenai manajemen sumber daya manusia ini lebih jauh, ada baiknya anda memahami pengertian manajemen sumber daya manusia itu sendri. Manajemen sumber daya manusia adalah sebuah proses mulai dari perencanaan, pengoraganisasian, pengadaan, pengelolaan, promosi, hingga pemberhentian hubungan kerja dalam rangka mencapai tujuan oraganisasi. Tentu tujuan tersebut disesuaikan dengan jenis organisasai. Untuk organisasai seperti perusahaan yang memang mengincar keuntungan tentu harus mampu mengelola sumber daya manusia yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut. Keberadaan sumber daya manusia tidak bisa disepelekan. Bahkan sumber daya manusia yang berkualitas merupakan salah satu kodal bernilai tinggi dalam pembentukan organisasi atau perusahaan. Karena Manajemen sumber daya manusia ini berada di sistim ekonomi makro, maka pegelolaanya juga memiliki cakupan yang luas. Diantaranya mengelola jumlah dan kualitas sumber daya manusia. Menetapkan peraturan terkait penerimaan, pendidikan dan perlindungan sumber daya manusia atau pekerja. Melaksanakan pendidikan dan pelataihan hingga evaluasi sumber daya manusia. Semua hal tersebut tentu harus berdasr dari tujuan perusahaan atau organisasi.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi atau tujuan dari manajemen sumber daya manusia ini tentu tidak lain dan tidak bukan untuk memaksimalkan peran dari para pekerja dalam berkontribusi mencapai tujuan perusahaan. Tentu kesejahteraan pegawai juga harus diperhatikan oleh pemilik perusahaan. Fasilitas keselamatan seperti Dua KW pertama baju wearpack dan yang lainya linkvazi wearpack kerja linkvazijuga sangat penting untuk dilakukan. Selain mengelola sumber daya manusia, manajemen sumber daya manusia juga dituntut untuk mampu megasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Saat ini permasalahan jumlah sumber daya manusia yang banyak memang menjadi salah satu masalah di negara berkembang seperti di Indonesia. Selain hal tersebut, beberapa fungsi manajemen sumber daya manusia dapat anda lihat sebagai berikut. Fungsi yang pertama adalah perencanaan, perekrutan dan juga enempatan pegawai. Tentu hal tersebut menjadi tanggung jawab bagian manajemen sumber daya manusai namun untuk pelaksanaanya juga harus dibantu oleh bagian lain. Fungsi selanjutanya adalah pengelolaan dan evaliasi pegawai. Hal ini bertujuan untu menilai performa pegawai. Fungsi selanjutnya adalah kompensasi. Tidak hanya meliputi gaji saja, kompensasi juga bisa berbentuk bonus, perlindungan sosial dan bentuk bentuk lainya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *