Pengertian Lembaga Pendidikan di Indonesia

Pengertian lembaga pendidikan secara umum adalah suatu naungan atau tempat dimana di dalam nya terjadi proses belajar mengajar guna menjadikan dan menciptakan generasi cerdas dan berwawasan baik itu ilmu umum maupun ilmu bertindak laku. Ada banyak dan beragam sekali lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. Mulai dari lembaga pendidikan yang khusus untuk balita hingga lembaga pendidikan untuk orang tua. Mulai dari lembaga pendidikan yang bersifat formal hingga lembaga pendidikan yang bersifat non formal.

Bagi anda yang sudah paham mengenai pengertian lembaga pendidikan maka anda juga tentunya sudah paham apa maksud dan tujuan adanya lembaga pendidikan di seluruh wilayah Indonesia ini. Nah tujuan yang menjadikan berdirinya lembaga pendidikan ini adalah tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjadikan seluruh generasi yang ada di Indonesia menjadi generasi dan pribadi yang cerdas berwawasan ilmu pengetahuan umum dan ilmu berperilaku. Hal ini agar kelak bangsa Indonesia dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain serta dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia. Nah menurut sifatnya ada dua jenis lembaga pendidikan yang perlu anda ketahui.

lahiya.com

Jenis Pengertian Lembaga Pendidikan

  1. Lembaga pendidikan formal. Lembaga pendidikan ini merupakan sarana belajar bagi siapa saja yang ingin belajar. Dan lembaga ini memiliki standar resmi dari pemerintah dan diakui oleh negara atas keberadaannya. Ada aturan yang harus ditaati juga di dalamnya. Biasanya tempat yang dipakai adalah gedung sekolah, kampus dan lain-lain.
  2. Lembaga pedidikan non formal. Lembaga pendidikan ini juga berfungsi sama dengan lembaga pendidikan formal, yakni sebagai tempat belajar mengajar. Bedanya lembaga pendidikan ini tidak memiliki standar yang harus diakui oleh pemerintah. Di dalamnya juga jarang ada aturan khusus bagi setiap murid yang belajar dan guru yang mengajar seperti harus memakai seragam saat belajar, harus memiliki buku tertentu, dan lain sebagainya. salah satu contoh lembaga pendidikan non formal adalah diadakannya bimbel USM STAN (Ujian Saringan Masuk STAN). Bimbel ini tidak dikhususkan untuk umum, hanya untuk setiap siswa yang ingin lolos masuk STAN jadi tidak memiliki standar khusus dari pemerintah dalam penyelenggaraan bimbelnya.

Pengertian Lembaga Pendidikan Umum dan Islami

  1. Lembaga pendidikan umum. Maksud dari umum di sini adalah pembelajaran yang dilakukan dalam lembaga atau tempat belajar tersebut ada secara keseluruhan menyangkut pelajaran-pelajaran umum yang ada dan menjadi standar pendidikan di Indonesia. Adakalanya di dalam lembaga pendidikan ini diajarkan mengenai pendidikan agama islam, namun tidak ditekankan.
  2. Lembaga pendidikan islami. Maksudnya di sini adalah pengetahuan dan pelajaran mengenai agama islam sangat di tekankan di sini. Bagi sebgaian orang, lembaga pendidikan islami ini bukan merupakan lembaga pendidikan formal. Karena biasanya yang diajarkan di dalamnya hanyalah mengenai pelajaran-pelajaran islami saja.

Jadi seprti yang sudah diulas di atas bahwa pengertian lembaga pendidikan ada bermacam-macam jenisnya. Yang jelas lembaga pendidikan adalah suatu wadah yang dibuat untuk menampung setiap orang yang ingin belajar. Dan di dalamnya pasti ada orang yang belajar dan orang yang mengajar, dimana tujuan dari adanya lembaga pendidikan ini adalah sama yakni mendukung setiap orang yang ingin belajar agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi baik dalam hal ilmu pengetahuan maupun mengenai adab dan tingkah laku sebagai orang yang berpendidikan di dunia ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *