Perbedaan Etika Dan Moral Yang Mencolok

Manusia diciptakan tuhan dengan banyak perbedaan karena dengan perbedaan manusia akan saling membutuhkan dan saling memahami arti perbedaan karena dengan perbedaan manusia akan saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Dalam perbedaan tersebut juga manusia menerjemahkan berbagai tingkah laku yang mereka lakukan masing masing dan yang menjadi tolak ukur baik dan benar adalah nilai nilai dan norma yang ada dalam kehidupan sosial. Nilai dan norma sendiri terjadi karena aktifitas sosial yang terjadi pada masyarakat secara terus menerus pada masa lalu dan diyakini hal tersebutlah yang benar. Maka dari itu nilai dan norma yang terdapat pada masyarakat satu dengan masyarakat lainnya terkadang dapat berbeda karena aktifitas sosial yang dilakuknnya yang berbeda juga. Dalam hal bertingkah laku manusia juga dibedakan kedalam etika dan moral. Perbedaan etika dan moral sangatlah tipis dan terkadang ada beberapa orang yang sulit untuk membedakannya.

Beberapa Perbedaan Etika Dan Moral

            Tidak sedikit dari setiap lapisan masyarakat yang mengaut nilai dan normanya masing masing sulit untuk membedakan perbedaan etika dan moral . Namun etika dan moral bukanlah sesuatu hal yang tidak memiliki perbedaan tersendiri karena subjek yang menjadi penilaian sebenarnya sudah berbada. Berikut ini adalah perbedaan etika dan moral yang sebenarnya.

  • Moral mengajarkan apa yang seharusnya benar untuk dikerjakan sedangkan etika adalah perbuatan benar yang harus dilakukan. (lihat juga kumpulan Kata Kata Bijak)
  • Moral mangajarkan bagaimana seseorang harus bertindak sebagaimana mestinya yang diinginkan oleh masyarakat sedangkan etika adalah perbuatan yang benar dan harus dilakukan sebagaimana yang diajarkan dalam pendidikan kemoralan.
  • Moral menyediakan “rel” sebagai jalan dimana seseorang harus bertindak dan bertingkah laku sedangkan etika berjalan dalam “rel” tersebut.
  • Moral merupakan rambu rambu yang bagaikan peringatan untuk ditaat sedangkan etika sendiri adalah rambu rambu yang harus dilakukan.
  • Moral memberikan jalan yang dapat ditempuh untuk kehidupan sedangkan etika merupakan jalan yang harus ditempuh dan tidak boleh tidak.
  • Moral bagaikan kompas dalam kehidupan yang memiliki artian dapat dijadikan sebagai suatu pembantu dalam menjalankan kehidupan sedangkan etika adalah yang menngikuti dari arah kompas tersebut. Hal tersebut menandakan bahwa etika haruslah berjalan sesuai arah dari kompas.
  • Moral bagaikan peta dari kehidupan yang dapat dipilih dari masing masing individu sedangkan etika hanya selalu mengikuti dari arah peta tersebut.
  • Moral merupakan pedoman dari kehidupan dan etika adalah segala sesuatu yang mengikuti pedoman tersbeut.
  • Moral bukanlah suatu hal yang dapat dimanipulasi sedangkan etika adalah suatu hal yang dapat dimanipulasi oleh masyarakat tersebut.
  • Moral berbentuk seperti peraturan yang harus ditaati sedangkan etika hanyalah mengikuti dari situasi, motif, tujuan, keperintang, dan seterusnya.

 Manfaat adanya etika dan moral

            Ada pesan moral yang mengatakan “keseimbangan membuatmu berdiri tegak tetapi tidak membuatmu kokoh, kuatkanlah imanmu tingkatkanlah kebaikanmu dan berubah menjadi seseorang yang lebih berarti” dari pesan moral tersebut juga dapat dikatakan bahwa etika dan moral dapat membantu seseorang untuk menjadi seimbang dan juga membuat orang menjadi lebih berarti. Dengan perbedaan etika dan moral yang sangat tipis namun sesungguhnya etika dan moral adalah elemen yang saling terhubung dan saling memberikan manfaat kepada siapa pun yang melakukannya. Berikut ini adalah manfaat dari etika dan  moral.

  • Dapat membantu suatu pendirian dalam beragam pangan untuk bertingkah laku.
  • Dapat membantu mana yang boleh dirubah dan tidak.
  • Membantu seseorang dalam menentukan pendapat.

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *