Beragam Persiapan Pernikahan Dalam Islam

 

Seperti yang kita semua tahu bahwa pernikahan merupakan hal yang sakral dilakukan sekali seumur hidup. Sehingga untuk menyiapkan suatu pesta pernikahan membutuhkan persiapan yang matang. Bagi anda yang beragama islam pastinya ada persiapan-persiapan pesta pernikahan tertentu yang perlu anda persiapakkan dengan matang sebelum acara pernikahan anda tiba. Ada beragam persiapan pernikahan dalam islam yang perlu anda lakukan sebagai salah satu umat isalam yang akan melaksanakan salah satu sunnah nabi yang satu ini.

 

Beragam persiapan pernikahan dalam islam telah ditentukan agar pernikahan tersebut sah dan menjadi nilai ibadah bagi setiap pemeluk agama islam tersebut. Ada persiapan tertentu yang perlu anda lakukan sebagai orang islam yang akan melakukan pernikahan tersebut. Persiapan pernikahan tersebut bisa jadi merupakan syarta sah dari pernikahan yang akan anda jalani. Ada beragam tentunya persiapan pernikahan yang telah diatur dalam agama islam. Ada persiapan yang wajib dan ada pula yang tidak wajib dilakukan oleh anda.

Macam Persiapan Pernikahan Dalam Islam Yang Wajib Ada

 

  1. Persiapkan niat terlebih dahulu. Niat ini sangat penting ada dalam hati anda. Jika tidak ada niat maka bisa jadi pernikahan anda akan tidak sah adanya. Karena dari awal sudah tidak ada niat untuk menikah maka untuk apa dipaksakan untuk menikah.
  2. Siapkan mahar yang menjadi kewajiban anda sebagai seorang laki-laki untuk diberikan kepada pihak perempuan. Mahar yang perlu disiapkan adalah sesuai dengan keinginan pihak perempuan dan tidak menyalahi aturan dalam islam. Jika mungkin pembayaran mahar bisa langsung lunas agar tidak ada lagi tanggungan yang harus dipikirkan.
  3. Ijab kabul. Sebagai seorang lelaki maka anda harus dengan sungguh-sungguh menghapal ijab kabu yang akan dibaca dengan lantang di hadapan penghulu dan wali pengantin perempuan sehingga tidak terjadi kesalahan berkali-kali dan membuat pernikahan anda tetunda.
  4. Usahakan untuk mengadakan pesta selamatan doa bersama sebelum pesta pernikahan digelar. Dengan adanya doa dan restu dari orang-orang sekitar maka pesta pernikahan anda kemungkinan besar akan berjalan lancar dan penuh berkah.
  5. Persiapan fisik. Persiapan fisik ini juga termasuk persiapan yang paling penting. Karena jika fisik anda lelah dan tidak stabil maka anda bia saja jatuh sakit pada hari-h dan membuat pernikahan anda tertunda.

 

Persiapan Pernikahan Dalam Islam Tambahan

 

  1. Pesta pernikahan yang meriah dengan menyewa gedung pernikahan. Pada umumnya pernikahan dalam islam hanya memerlukan pihak yang akan menikah, ijab kabul, dan mahar serta wali nikah. Namun jika anda ingin mengadakan pesta pernikahan yang mewah maka boleh-boleh saja asalkan tidak melanggar batas yang telah ditentukan dalam Islam.
  2. Pesta pertunangan. Pertunangan merupakan hal yang tidak wajib ada. Dalam islam jika anda ingin langsung mengadakan pesat pernikahan tanpa adanya pesat pertunangan sebelumnya maka pernikahan anda akan tetap sah.
  3. Gaun pernikahan. Hakekatnya menikah tidak perlu pakaian atau gaun yang super mahal. Cukup memakai pakaian yang sah dan rapi saja maka sudah cukup untuk sah nya sebuah pernikahan. Tetapi jika anda ingin memakai gaun pernikahan yang indah dengan alasan menikah merupakan hal sekali seumur hidup maka sah-sah saja.

 

Berikut di atas adalah beberapa persiapan pernikahan dalam islam baik yang wajib ada maupun yang tidak wajib ada dalam pesta pernikahan anda. Nah jika anda masih bingung dengan bagaimana menyiapkan semua persiapan pernikahan anda maka anda bisa memakai jasa paket pernikahan di Tuban yang akan membantu anda untuk menyiapakan pernak pernik pesta pernikahan anda.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *