Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar yang Dianjurkan

Berbeda dengan kelahiran secara normal, seorang Ibu yang menjalani operasi caesar lebih membutuhkan waktu yang lama untuk proses pemulihannya. Luka sehabis operasi harus dirawat dengan baik supaya tidak menimbulkan infeksi. Proses pemulihan pasca operasi memang tidak mudah. Banyak hal yang harus sang Ibu perhatikan, bahkan terkait posisi tidur pasca operasi caesar. Bekas luka sayatan pada perut ini tentu akan memberikan rasa nyeri yang kadang-kadang membuat Anda susah bergerak. Posisi tidur pun menjadi penting untuk diperhatikan. Apakah boleh tidur miring setelah operasi caesar? Posisi tidur seperti apa yang dianjurkan setelah operasi caesar? Untuk informasi selengkapnya, langsung saja ikuti pembahasannya berikut ini.

Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar

Rasa sakit yang kadang muncul pada luka pasca operasi kadang membuat sang Ibu merasa parno. Kekhawatiran tersebut terus berimbas pada beberapa kesehariannya, termasuk terkait dengan posisi tubuh yang nyaman dan tidak menimbulkan nyeri pada jahitan di perut. Bagaimana posisi tidur yang dianjurkan setelah operasi? Posisi tidur paling aman setelah operasi telentang. Dengan posisi ini, bagian perut yang luka tidak akan mendapatkan tekanan tertentu sehingga aman dan tidak akan membuat infeksi pada lukanya. Jahitan pun akan aman dan tidak terbuka. Tidur telentang sangat dianjurkan terutama beberapa hari setelah operasi dilakukan. Akan tetapi, posisi tidur ini pun mengalami kekurangan. Ibu akan kesulitan untuk bangun sehingga kadang membutuhkan bantuan untuk bisa bangun dari tempat tidur.

Posisi tidur pasca operasi caesar yang kedua yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil adalah posisi miring. Sebenarnya, posisi ini tidak memberikan tekanan pada perut, hampir sama seperti tidur telentang. Akan tetapi, posisi miring ini baru boleh dilakukan beberapa minggu setelah operasi. Jahitan bisa terbuka dengan gampang saat Anda tidur miring beberapa hari setelah persalinan. Dokter pun akan menyarankan Anda untuk tidur dalam posisi terlentang. Supaya luka besar ini cepat sembuh, harus mengonsumsi obat operasi caesar yang diberikan oleh dokter. Obat ini akan membantu proses penyembuhan.

Kesimpulan Posisi Tidur Pasca Operasi, Apakah Tidur Miring Boleh?

Kesimpulannya, ada dua posisi terbaik pasca melahirkan yang bisa Anda pilih untuk bisa istirahat dengan nyaman. Posisi tidur yang pertama adalah tidur dalam keadaan telentang. Posisi tidur ini tidak akan menimbulkan rasa sakit dan bisa lebih cepa membantu proses penyembuhan luka pasca operasi. Kekurangannya, posisi tidur ini bisa membuat Anda susah untuk bangun. Lalu, posisi tidur yang kedua yang juga disarankan adalah posisi miring. Posisi ini bisa membuat Anda nyaman terutama saat Anda merasa tidak nyaman dengan posisi telentang. Dengan posisi ini, Anda aka lebih mudah untuk bangun dan menyusui buah hati Anda.

Setelah melahirkan, entah itu secara normal atau caesar, Anda pasti akan disarankan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Kurang istirahat akan membuat luka setelah melahirkan susah sembuh. Pemulihan tubuh pasca melahirkan baru akan terjadi ketika Anda bisa tidur dengan baik. Akan tetapi, kewajiban untuk mengurus anak terkadang bisa membuat Anda kurang tidur. Anak biasanya sering terbangun pada malam hari. Mau tidak mau, Anda pun akan bangun untuk menenangkan buah hati kesayangan Anda. Setelah terbangun, biasanya Anda akan kesulitan untuk tidur kembali. Anda pun akan mencari posisi tidur pasca operasi caesaryang paling nyaman. Nah, posisi tidur telentang atau miring bisa Anda coba.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *