Tanda Tanda Sakaratul Maut yang Perlu Diketahui

 Setiap makhluk Allah SWT yang bernyawa tentunya pasti akan kehilangan nyawanya atau mati. Seperti insan manusia yang tidak satupun di antaranya tidak meninggal. Kematian pasti akan mendatangi setiap insan di dunia. Proses tercabutnya nyawa pada tiap insan tentu saja akan diawali dengan tiap detik yang sangat menegangkan dan menyakitkan. Peristiwa pencabutan nyawa dari tubuh insan tersebut disebut dengan nama sakaratul maut. Tanda tanda sakaratul maut ini dimulai ketika tubuh sudah tidak bisa lagi mendapatkan asupan oksigen yang diperlukan untuk tetap bisa bertahan hidup. Tiap sel dalam tubuh yang berbeda akan memiliki kecepatan kematian yang berbeda juga. Sehingga proses sakaratul maut yang dijalani seseorang berbeda – beda dan akan bergantung kepada sel – sel dalam tubuh yang kekurangan oksigen.

Tanda Tanda Sakaratul Maut dalam Islam

Tanda tanda sakaratul maut ini sebenarnya sudah banyak diceritakan dalam ayat – ayat Alquran dan hadits. Sebagai umat Islam haruslah senantiasa untuk mengingat Allah SWT agar kelak ketika sedang menjalani sakaratul maut mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Sebelum meninggal dunia, setiap insan yang hidup pastinya memiliki tanda – tanda pada dirinya yang hendak meninggal dunia. Berikut ini tanda – tanda yang biasanya terjadi pada setiap insan yang hendak meninggal dunia:

  • 100 hari sebelum meninggal dunia

Tanda – tanda ini biasanya muncul ketika setelah masuk waktu ashar, seluruh tubuh insan yang akan meninggal akan terasa menggigil mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Hal ini merupakan suatu kenikmatan yang dapat dirasakan bagi insan yang memiliki keimanan yang tinggi, namun hal tersebut merupakan kebalikannya bagi insan yang keimannya rendah akan terasa sangat membingungkan.

  • 40 hari sebelum meninggal dunia

Selain tanda – tanda yang telah disebutkan tadi, tanda ini juga muncul ketika setelah masuk waktu ashar. Tanda ini akan terjadi pada bagian pusat dari tubuh akan berdenyut. Hal tersebut merupakan suatu pertanda bahwasannya daun pada pohon di Arshy yang tertulis nama insan tersebut telah gugur oleh kehendak Allah SWT. Setelah itu maka malaikat pencabut nyawa akan mengawasi insan tersebut setiap saat. Sesekali malaikat pencabut nyawa tersebut juga menampakkan diri menjadi orang yang akan mencabut nyawa insan tersebut. Seketika itu pula insan yang akan dicabut nyawanya tersebut akan kebingungan.

  • 7 hari sebelum meninggal dunia

Tanda – tanda ini juga muncul ketika masuk pada waktu ashar. Namun tanda ini diberikan oleh Allah SWT bagi insan yang menderita sakit. Seperti halnya ketika sedang sakit maka tiap insan akan kurang selera makan, namun tiap insan tersebut tiba – tiba berselera untuk makan.

  • 3 hari sebelum meninggal dunia

Tanda ini biasanya akan muncul denyutan di tengah dahi, yaitu di antara dahi kanan dan dahi kiri.

  • 1 hari sebelum meninggal dunia

Pertanda ini juga akan muncul ketika memasuki waktu ashar. Tandanya adalah dapat dirasakannya kesejukan di bagian pusat lalu turun ke bagian pinggang dan akan terus naik ke bagian halkum.

 

Menghadapi Tanda Tanda Sakaratul Maut dengan Benar

 

Apabila umat Islam telah mengetahui berbagai macam tanda tanda sakaratul matu tersebut. Alangkah lebih baik jika telah mempersiapkan segala halnya, seperti halnya memperbanyak amalan – amalan yang baik. Selain itu juga bisa mempersiapkan pemakaman. Pemakaman yang biasa digunakan oleh umat Islam di Indonesia adalah di Al Azhar Memorial Garden Karawang.  Tempat pemakaman ini merupakan tempat pemakaman yang paling banyak digunakan karena memiliki corak yang sangat indah.

 


 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *